CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Solution Of Life

Jumat, 08 Mei 2009

Pemberi Nama Pluto Tutup Usia

LONDON - Venetia Phair, yang memberi nama Planet Pluto saat berusia 11 tahun, meninggal dunia dalam usia 90 tahun, lapor anggota keluarganya kepada AP, Kamis (7/5). Wanita itu meninggal dunia di rumahnya di Epson, 30 April 2009 lalu dan keluarga itu tidak menyebutkan penyebab kematiannya yang akan dimakamkan hari ini (Jumat, 8/5).

Lahir dengan nama Venetia Burney, dia menyebutkan nama itu saat sarapan pagi dengan kakeknya pada tahun 1930. “Kakekku, seperti biasa, membaca surat kabar The Times setiap pagi. Di dalamnya, dia membaca bahwa satu planet baru telah ditemukan. Dia bertanya, nama apa yang patut diberikan,” sebutnya dalam sebuah film dokumenter yang dirilis awal tahun ini.

“Kemudian, saya katakan, kenapa tidak disebut Pluto?” dan seluruh hal bermula dari itu,” tambahnya. Kakeknya, Falconer Madan, pensiunan petugas perpustakaan Bodleian di Universitas Oxford. Kemudian, Madan menyampaikan nama itu kepada temannya, Herbert Hall Turner, profesor astronomi di Oxford.

Pada hari itu juga, Turner menggelar rapat dengan Masyarakat Astronomi Kerajaan yang membahas nama itu, kemudian disetuju. Tidak berselang lama, Turner meneruskan ke Clyde W Tombaugh yang menemukan planet itu di Lowell, Arizona, AS. Saat nama itu diumumkan pada 1 Mei 1930, Phair mengatakan kakeknya memberinya hadiah uang lima pounds atau saat ini sekitar 230 poundsterling. “Ini tidak pernah terdengar. Sebagai seorang kakek, dia sangat dermawan,” ujarnya kepada BBC pada 2006 lalu. Dia tamatan Universitas Cambridge, jurusan Matematika dan mengajar Ekonomi bersama Matematika sampai pensiun pada 80-an. Suaminya, Maxwell Phair meninggal dunia pada 2006 dan Venetia ditopang oleh putra mereka, Patrick sampai tutup usia, akhir bulan lalu.(ap/muh)

0 komentar:

Amazon Affiliate

SItus Iklan Gratis Untuk Anda