CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Solution Of Life

Rabu, 06 Mei 2009

Pameran Teknologi Digelar

LHOKSUKON - Pameran Pekan Raya Teknologi Tepat Guna (PPTTG), pada 18-20 April digelar di Lapangan Upacara Lhoksukon, Aceh Utara. Pameran itu merupakan serangkaian kegiatan yang diprakarsai Jingki Institute, Jaringan Komunikasi Masyarakat Adat (JKMA) Pase dan Sepakat. Ketua pelaksana, Juni Prananta kepada Serambi, kemarin, mengatakan, kegiatan itu bertujuan memperkenalkan kepada masyarakat tentang alat-alat tradisional yang digunakan petani, dan hasil penemuan tiga lembaga tersebut. Ditambahkan, masyarakat menyambut baik acara itu. Buktinya, warga sangat antusias mengunjungi arena pameran yang menampilkan berbagai alat tradisional.

Beberapa alat yang dipamerkan, seperti asap cair (alat pengawet makan yang tidak berisiko), biket (arang dari tempurung kelapa), alat biogas, dan berbagai macam pupuk organik padat dan cair yang tak mempunyai efek terhadap lingkungan. Selain itu juga ada alat-alat tradisional seperti jingki (alat pengupas padi), creuh dan langai (alat pembajak sawah), dan peunerah (alat pengambil minyak kelapa).

“Alat tersebut kini mulai jarang dikenal masyarakat seiring berkembangnya teknologi. Bahkan, alat-alat itu mulai hilang. Sehingga banyak yang tidak mengetahuinya,” ujar Juni berharap masyarakat kembali menggunakan alat-alat tradisional tersebut dalam berbagai aktivitasnya.

from serambinews.com

0 komentar:

Amazon Affiliate

SItus Iklan Gratis Untuk Anda